twitter

Kamis, 22 Maret 2012

Pidato: keteladanan Nabi Muhammad SAW


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Kpd yg trhormat para alim ulama, romo kiai serta guru2 pembimbing di mts nu TBS ini yang saya muliakan..
Serta teman2ku yang saya syangi.

Dalam acara meriah dan khidmat ini, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang senantiasa melimpahkan rohmat dan nikmatnya serta taufik dan hidayahnya, sehingga kita semua dapat bermuwajja’ah, berta’aruf dan bermujalasah di tempat yg penuh berkah ini, dalam keadaan sehat wal’afiyat..

Tak lupa sholawat serta salam marilah kita sanjungkan kepangkuan junjungan kita nabi agung muhammad SAW. Beserta para keluarga dan shohabatnya dan seluruh umat yg mengikuti petunjuknya.

Para hadirin yang kami mulyakan....

Kepribadian dan sikap nabi Muhammad SAW itu sangatlah patut untuk dicontoh oleh para santri2 modern seperti dizaman sekarang, hal tersebut sangat perlu mengingat di zaman sekarang ini kecanggihan teknologi sudah masuk kekalangan santri. Oleh sebab itu dibutuhkan kepribadian yang baik untuk dapat mengimbangi kemajuan teknologi tsb.

Dibawah ini akan saya sampaikan beberapa hal dari kepribadian nabi Muhammad yang patut dicontoh :

1                     . nabi Muhammad SAW adalah seorang yang besar dan sempurna akhlaqnya, dicintai pihak kawan maupun lawan.
Kita harus mencontoh perilaku Nabi Muhammad tersebut,, karena akhlaq yang mulai sangat disukai Allah maupun umat manusia,, sebagai santri mempunyai akhlaqul karimah adalah modal awal untuk sukses dalam persaingan global seperti saat ini..
2                     . beliau seorang tokoh pejuan cita-cita yg pemberani, tidak pantang menyerah, tapi     tawadlu’, mulia dan tabah.
Masa modern seperti sekarang adalah masa dimana manusia saling berlomba2 mencapai tujuannya, kita dapat mencontoh perilaku nabi Muhammad di atas agar kita dapat menguasai teknologi yang makin hari semakin banyak pesaingnya.
3                     . sebagai pemimpin agama, jagat dan umat yang hidupnya sederhana, dan sebagai kepala negara yg tidak mengenal istana.
Walaupun kita dapat menguasai teknologi dengan fasih, tapi kita di ingatkan oleh nabi Muhammad, bahkan Allah yg termuat dalam QS. At-takatsur 1-8 tentang hidup sederhana dan tidak bermewah-mewahan....


Itulah  tadi sedikit dari sekian banyak butir-butir keteladanan nabi Muhammad SAW yang perlu umat Islam khususnya para santri modern seperti kita sekarang ini untuk dicontoh. Dan demikian uraian tentang keteladan Nabi Muhammad SAW yg dapat kami sampaikan pada pagi ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, amin.

Akhirul kalam :WALLAAHUL MUWAFFIQ ILAA AQWAMIT THARIQ –


والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar